Skenario Tuhan dalam Menolong Makhluk Hidup

landscape nature tree forest woods autumn sun wallpaper background
Image source: wallpaperup.com

Siapa manusia di dunia ini yang tidak membutuhkan bantuan?

Kita sering mendengar kalimat "Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri, tanpa bantuan orang lain". Kita membutuhkan orang lain dalam menjalankan segudang aktivitas setiap harinya, atau bahkan hanya untuk sekedar berkomunikasi. Kita akan stres jika tidak berkomunikasi.

Sudah sewajarnya dalam keseharian kita, banyak jenis bantuan yang ada, entah itu "memberi bantuan" atau "diberi bantuan". Give and take. Memberi dan menerimaSaat kalian memberi atau menerima suatu bantuan, pernahkah terpikir bahwa hal itu merupakan skenario Tuhan?

"I believe everything happens under God's plan anyway " -- Rick James

Saya akan memberi contoh sederhana mengenai hal ini. Beberapa bulan yang lalu saya sedang membutuhkan sejumlah uang untuk keperluan pribadi. Tidak terlalu mendesak, namun jika dibiarkan lama, maka akan menjadi kebutuhan penting. Hampir saja saya memutuskan untuk menggunakan uang tabungan. Tidak disangka, bantuan datang dari seorang teman. 

Kejadian ini membuat saya termenung dan tersenyum haru. Tidak mungkin suatu hal terjadi tanpa sepengetahuan Tuhan. Saya langsung mengucapkan, "Alhamdulillah", dan menggunakan uang tersebut untuk keperluan yang semestinya. 

"Coincidence is God's way of being anonymous" -- Laura Pedersen

Benar. Sebuah kebetulan yang terjadi dalam hidup sebenarnya adalah sebuah cara Tuhan untuk mengingatkan manusia bahwa "semua hal di dunia ini mengikuti skenario-Nya". Teman saya sama sekali tidak tahu bahwa saya sedang membutuhkan uang. Mengapa waktunya bertepatan? Kejadian seperti ini pastinya juga dialami orang lain. Saat si A membantu si B, apakah si A pernah berpikir bahwa di saat yang sama si B (temannya yang ditolong) itu bisa saja sedang berdoa akan segera mendapat pertolongan? Berarti si A-lah "sosok yang dikirim" Tuhan untuk membantu orang tersebut, tanpa pernah berpikir bahwa ini semua sudah diatur. Bahkan untuk sebuah bantuan yang kita minta langsung dari seseorang pun, itu tetap merupakan skenario-Nya.

Sungguh luar biasa dan jauh di luar kekuatan makhluk hidup manapun. Hanya Tuhan yang mampu melakukannya. Setiap detiknya, banyak bantuan diberikan dan diterima. Sebuah lingkaran give and take dalam skala besar terjadi terus-menerus, dan itu semua merupakan sebuah skenario. Saat seseorang memberikan uang lebih pada seorang penjual barang dagang, sadarkah dia bahwa bisa jadi penjual tersebut sedang membutuhkan uang, dan melalui dialah rezekinya bertambah?

Pertolongan Tuhan tidak hanya untuk manusia. Tuhan telah mengatur rezeki untuk semua makhluk-Nya. Saat kita memberikan makanan pada seekor kucing yang kelaparan di tengah jalan, itulah skenario yang dibentuk Tuhan untuk menolong si kucing, melalui perantara kita. Kalimat "semua rezeki telah diatur Tuhan" memang benar adanya. Manusia hanya perlu meminta sembari berusaha dan menjalankan kewajiban yang telah diperintahkan-Nya. As simple as thatSesederhana itu konsepnya, namun sesulit itu pula jika tidak dilandasi niat baik dalam menjalankannya. 

"Don't wait for good things to happen to you. If you go out and make some good things happen, you will fill the world with hope, you will fill yourself with hope" -- Barack Obama

Kebetulan yang terjadi dalam hidup sesungguhnya bukanlah "kebetulan". Hanya karena kejadian tersebut bertepatan dengan sesuatu yang kita harapkan, maka kita menganggapnya kebetulan. Ingat, Tuhan berada di balik ini semua. Menolong orang lain/makhluk lain akan membuat hidup ini lebih bermakna. Bantuan tidak harus berbentuk materi besar kok. Senyum yang tulus saja merupakan sebuah bantuan untuk orang yang sedang dirundung kesedihan.


-Bayu-


Note: Jenis musik Americana terdiri dari bermacam style. Terdengar klasik, namun itulah keunikannya. Lagu "The Traveling Kind" (bernapaskan folk-americana) hasil kolaborasi dua musisi berbakat, Emmylou Harris & Rodney Crowell, menemani penulisan artikel ini. Mendengarkan musik ini membuat perasaan jadi tenang :)


Image source: rollingstone.com

32 komentar

  1. Ya sama kayak konsep jodoh bang .. Tuhan sudah menentukan jodoh kita .. tugas kita adalah menemukan ..

    ya semua manusia emang makhluk sosialis sih .. jadi perlu untuk membantu dan dibantu .. bahkan Ibadah aja itu adalah kebutuhan manusia sendiri lo .. Kita ibadah atau nggak, Tuhan mah tetap maha Besar .. nggak ngaruh sama ibadah kita ..
    malah kalo kita ibadah, Tuhan yang memudahkan kita .. jadi ibadah bukan kebutuhan Tuhan, tpi kbutuhan manusia ,,
    Lo kok malah cramah gue ..
    Maap ..

    Semua udah ada yg ngatur .. tugas kita hanya ikhtiar ,. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, konsep jodoh memang begitu, udah ditentuin sama Tuhan, meskipun diam-diam beberapa orang suka menyangsikannya, dan ujung-ujungnya malah mengutuk Tuhan (hmh, jangan sampe lah ya).

      Ngga apa-apa bro, gua apresiasi kok comment beropini lo. Iya, Tuhan itu udah Maha Besar ya, satu manusia ngga beribadah pun Tuhan masih tetep Maha Besar. Karena dampak ibadah adalah buat kebaikan manusia juga, so sudah sewajarnya kita perbanyak beribadah :)

      Ikhtiar. Setuju :D

      Hapus
  2. aku dong..minggu kemarin bener-bener kehabisa duit, trus tiba-tiba temenku nawarin bekal makan siangnya..soalnya dia ngga mau makan. ajaib sih menurtku hahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini dia salah satu contoh skenario Tuhan. Alhamdulillah ya bisa dapet makan siang gratis saat lagi kehabisan duit :)

      Hapus
  3. Allah SWT memberi apa yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget bro, Allah SWT memberi apa yang dibutuhkan hamba-Nya, bukan yang diinginkan. Kalo kita memanjatkan doa pingin ini itu, bisa jadi yang disodorkan Allah SWT adalah suatu hal yang kita butuhkan untuk menunjang pencapaian apa yang kita inginkan tersebut.

      Hapus
  4. Hebattt, analisisnya sejauh itu dan membuat masing masing dari kita saling merenung
    Berarti apapun yg terjadi di dunia ini memang sudah diatur skenarionya oleh maha sang sutradara

    Jadi inget, bahkan daun yang jatuhpun uda dicatet yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Alhamdulillah kalo bisa buat pembaca merenung hehe.

      Iya Mba Nita, semua udah diatur sama Allah SWT, dari hal terkecil sampe yang terbesar sekalipun. Mungkin kita menganggap remeh keberadaan cacing di tanah, padahal cacing itu udah diatur fungsi keberadaan dia di dunia ini.

      Nah, daun pun juga begitu Mba. Subhanallah ya :)

      Hapus
  5. Gue tipe orang yang lebih suka baca blog yang haha hehe, tapi tulisan blog lo yang lumayan agak berat ini gue berhasil membacanya dan justru membuat gue jadi merenung. Skenario Tuhan emang indah.
    Kereeen :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, waduh... mohon maaf kalo blog ini bukan tipe yang haha hehe. Banyak blogger lain yang ahli nulis komedi, gua mah sebatas nuangin pemikiran aja, ngga lebih :p

      Thanks :) skenario Tuhan emang indah, akan lebih indah lagi kalo kita banyak bersyukur karena-Nya.

      Hapus
  6. Wadaaawww, tulisannya keren banget nih, Bay. Suka! :D

    Yaps, bener. Tuhan memang selalu menolong hambanya. Rezeki mah udah diatur dari sananya. Jadi santai aja.

    Nikmat sehat juga termasuk rezeki, punya temen baik juga bagi gue sebuah rezeki. :))

    Curhat sedikit, ah. Boleh, ya? Hahaha. Jadi, waktu itu gue juga sempet lagi krisis duit. Gue nganggur, jelaslah kagak punya uang. Keuangan keluarga juga lagi kurang baik. Mana gue kuliah kudu bayaran beberapa ratus ribu. Gue lumayan stres tuh, soalnya gue nggak biasa minjem duit sama orang. Pokoknya udah kebingungan. :(

    Dan entah gak disangka-sangka, gue mendadak ditawarin freelance. Lumayan banget hasilnya. Terus juga ada orderan desain langsung 3 foto. Bahagia. Itulah bentuk skenario Tuhan. Hehe :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Yog :)

      Rezeki udah diatur. Kita tinggal berusaha yang terbaik aja. Bener bro, punya temen yang baik juga termasuk rezeki hehe.

      Boleh curhat, silahkan, santai aja.
      Dalam kondisi kepepet dan tiba-tiba dapet pertolongan dari sisi yang ngga kita duga itu sungguh kebahagiaan tersendiri ya :D
      Freelance lo itu adalah jawaban yang Allah kasih, plus orderan desain foto :)

      Hapus
  7. Mantep nih tulisannya.
    Jadi ingat pernah baca novel Tere Liye, yang intinya, apapun yang kita lakukan, sesungguhnya merupakan bagian dari simpul-simpul kehidupan orang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih :)

      Wah, keren kesimpulannya. Ya, apapun yang kita lakukan, sekecil apapun itu, adalah bagian simpul kehidupan orang lain. Semua saling terkait :)

      Hapus
  8. Dulu juga saya berpikir bahwa "Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri, tanpa bantuan orang lain" tapi sekarang saya merasa jadi manusia yang agak sedikit individulis tapi bukan berarti gak perduli sama lingkungan, mencoba untuk tidak merepotkan orang lain dan selagi masih bisa dikerjakan sendiri yah dikerjakan sendirian, segala mahluk yang ada di bumi ini semuanya Tuhan urus, bahkan semut yang berada di gua gelap dan berada di batu hitam juga di urus sama Tuhan, dan gak pilih - pilih.. enggak rasis heheh,, jadi semua elemen yang ada di bumi ini, Tuhan yang mengurusnya. Tapi ketika dapat pertolongan dari Tuhan kadang kita tidak pernah menyadarinya bahwa itu dari Tuhan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja kok mencoba untuk ngga ngerepotin orang lain, selama kita masih bisa kerjain sendiri. Tapi someday kita pasti akan butuh bantuan orang kok, seremeh apapun itu :)

      Ya, Allah itu ngga rasis. Seringkali malah manusia yang rasis hehe. Semua elemen di bumi, bahkan di seluruh luar angkasa, itu semua Allah yang urus. Nah, semoga ke depannya kita semua sadar bahwa setiap bentuk pertolongan, itu sebenernya dateng dari Allah SWT :)

      Hapus
  9. Whoaaaaa. Tulisannya pas banget sama aku yang lagi butuh pencerahan. Kayaknya Mas Bayu dikirimkan Tuhan buat nulis ini, untuk ngebantu orang-orang yang putus asa sama rezekinya. Ini bukti dari postingan ini sendiri. Huahahaha. Lebay deh, Chaaaa.

    Setuju banget sama lingkaran give and take itu. Trus juga suka sama quote dari Barrack Obama. Dan ya, di dunia ini nggak ada yang namanya kebetulan. Semua sudah diatur sedemikian rupa sama Yang Maha Kuasa. :))

    Emmylou Harris & Rodney Crowell itu aku belum pernah denger. Pas tau mereka bawain genre folk, jadi keingat Regina Spektor. Mau dengeriiiin aaaaah. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih, Icha... thanks ya. Alhamdulillah kalo tulisan ini bisa dijadiin pencerahan :D

      Lingkaran give and take yang terus-menerus, itu akan terjadi setiap detiknya di seluruh dunia. Bener Cha, ngga ada yang namanya kebetulan. Karena kita ngehnya dapet momen itu pas kita butuh, maka kita seringnya nyebut itu sebagai kebetulan.

      Regina Spektor juga bagus tuh. Kalo Emmylou Harris sama Rodney Crowell ini akarnya country dan musik Americana, yang kecampur sama folk juga, begitulah hehe. Bagus kok lagunya, gua suka banget, untuk didengerin pas butuh ketenangan. Silahkan didengerin :D

      Hapus
  10. Setuju pisan mas Bay! hehehe.
    Sejatinya, kita ini hidup dikenal sebagai Homo Socius yang tak bisa terlepas dari bantuan orang lain. Ada kala kita di bawah, orang lain membantu, ketika di atas ya jangan sampai lupa dengan yang di bawah. Begitulah siklus hidup yang seharusnya. Toh, rezeki mah sudah diatur kan sama yang di atas. Lagipula, dengan kita memberi malah disitu lah sebenernya kita sedang belajar menerima sesuatu yang lain. Bukan, berkurang tetapi bertambah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks atas persetujuannya hehe.

      Nah, begitulah siklus hidup kan... kadang di bawah, kadang di atas. Bener, rezeki udah diatur sama Allah. Sip, suka banget sama kalimatnya yang terakhir: "dengan kita memberi malah disitu lah sebenernya kita sedang belajar menerima sesuatu yang lain" :)
      Udah banyak contoh juga kalo sebenernya dengan memberi, Allah akan kasih ganti dengan hal lain berkali-kali lipat.

      Hapus
  11. Setuju, karena tuhan tidak mungkin memberikan pertolongan secara langsung, pasti pertolongan yang diberikan akan diperantalan melalui orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semudah itulah Allah ngatur skenario: saat seseorang butuh sesuatu, Allah akan ngasih bantuan dari sisi lain.

      Hapus
  12. tigatuju. Tidak ada yang lepasdari rencana Tuhan, daun yang gugur sekalipun, semuanya telah direncanakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih untuk tigatuju-nya hehe.

      Kalo kita ngeliat daun berguguran kan sebagian juga akan mikir, "ya udahlah cuma daun doang gugur", padahal di balik itu semua ada rencana-rencana yang udah disusun dengan sempurna. Semua mengikuti siklus maha besar yang sangat rapi :)

      Hapus
  13. yes as simple as that.
    aku juga gitu. malah pernah... kalau aku tiba tiba sakit ga kenapa kenapa aku merasa aku kurang membantu orang lain, jadi diberi sakit biar sadar.

    btw selera musiknya bagus hhi

    BalasHapus
    Balasan
    1. As simple as that. Sayang belum semua orang sadar akan hal ini.

      Biasanya butuh momen-momen tertentu untuk kita sadar bahwa kita sedang diingatkan sama Allah. Sakit adalah salah satunya.

      Hehe, thanks ya. Kembali ke masalah selera, yang mana tiap orang beda-beda selera musiknya. Sepanjang masih mengapresiasi musik... it's fine :)

      Hapus
  14. Kebetulan yang terjadi dalam hidup sesungguhnya bukanlah "kebetulan".
    Iya. Memang tdk ada yg namanya kbetulan, dan saya sendiri adlh orang yg gak percaya yg namanya kebetulan.

    Saya pernah mengalami yg namanya "keajaiban", dan sya rasa itu bukan sbuah kebetulan, karena bner2 trjadi di luar nalar dan itu bnar2 nyata. Sy gak bisa crita disini krn terlalu panjang. Hehehe.. Tp sy masih ingat betul kjadian itu, kira2 bulan juni tahun lalu. Itu lah pertama kalinya sy benar2 merasakan kalau keajaiban Tuhan itu nyata adanya.

    Postingan yg bagus mas.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uniknya sebuah kebetulan karena memang dia muncul di saat yang berbarengan dengan apa yang kita inginkan/tidak inginkan.

      Wah, jadi penasaran nih apa keajaiban yang dialamin hehe (sampai ada kalimat "terjadi di luar nalar dan itu benar-benar nyata"). Well, apapun itu, untunglah akhirnya sadar kalau itu keajaiban Tuhan.

      Terima kasih :)

      Hapus
  15. memang skenario Allah dalm menolong seorang hamba itu dari jalan yang tdk kita sangka-sangka, tapi kadang kala kita manusia tdk pernah mau bersukur

    BalasHapus

 

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.