Out Of The Box Thinking


Image source: videoforbusiness.ca

Berpikir kreatif, tidak seperti yang orang lain pikirkan.

Itu adalah kalimat yang mudah diucapkan, namun pelaksanannya tidaklah semudah lidah berucap. Thinking out of the box menjadi sebuah slogan yang diusung banyak pemikir besar dan pencetus ide unik yang dapat mengubah kehidupan, atau setidaknya... dapat mengubah pandangan kebanyakan orang akan suatu hal.

Beberapa hari belakangan ini gua dimintai tolong untuk menguraikan suatu permasalahan yang terkait dengan pekerjaan di kantor (maaf, ga bisa di-share disini, karena ngejelasinnya aja bikin mumet sendiri), yang mana permasalahan ini sebenarnya sudah berlarut-larut. Kalo ga diselesain, bisa jadi bom waktu di kemudian hari. Kalo coba diselesain, entah kenapa ujung-ujungnya selalu aja buntu, dead end. Melihat tumpukan file-nya aja udah males, apalagi mesti nemuin solusi untuk ngerjain, hahaha.

Apa otak gua udah sedemikian mampetnya? Nanya ke pihak yang lebih berwenang nentuin solusi... yang didapat adalah grand design konsep solusinya (yang mana sangat bagus), tapi permasalahan utama adalah di implementasi. Kayaknya, dibutuhkan sebuah solusi yang belum pernah diterapkan sebelumnya atas masalah ini. Dari situlah gua kepikiran masalah out of the box thinking ini.

Oke, lupakan masalah kerjaan. Guess what? Gua jadi kepikiran beberapa hal, yaitu konsep berpikir out of the box bisa didorong kalo kita mau:

1. Berpikir jernih.
2. Terbuka terhadap masukan dan wawasan, siapapun dan apapun itu. 
3. Melihat sesuatu dari sudut pandang berbeda dan berani mengaplikasikannya.

Kenapa berpikir kreatif atau out of the box itu penting? Karena sekarang era dimana teknologi berkembang pesat, dan kita dituntut untuk berkonsep. Lagipula, berpikir kreatif akan melatih otak untuk terus bekerja, tidak stagnan. Orang-orang kreatif akan banyak dicari dan dibutuhkan. Merekalah pencetus inovasi yang berguna untuk masyarakat, dalam bidang apapun, dari hal kecil hingga besar.

Hm... apa ya yang ada di benak para pemikir besar dan pencetus inovasi mutakhir yang udah nelurin banyak ide untuk umat manusia. Contoh, apa yang ada di benak Steve Jobs tatkala memperkenalkan iPod ke masyarakat, yang akhirnya membuat mindset "menikmati musik digital lebih menyenangkan daripada kemasan fisik?"

Pertanyaan serupa juga berlaku untuk seluruh inovasi yang pernah dicetuskan. Hebat ya para pencetus ide itu, bisa menghasilkan ide fantastis, berbeda dari yang lain dan juga berguna. Oya, untuk kalian yang udah punya sebuah karya hasil dari pemikiran kreatif dan out of the box, apapun itu, gua ucapkan, "Hebat, teruslah berkarya!"

Untuk saat ini, gua cuma berharap akan menemukan solusi atas masalah kerja yang ada di kantor, siapa tahu bisa berpikir jernih dan akhirnya permasalahan selesai hehe.

Apakah kalian pernah berpikir sesuatu yang benar-benar out of the box?

-Bray-



Note: Salah satu musisi lokal yang punya ide kreatif dalam berkarya adalah Rock And Roll Mafia, yang melalui album "Outbox", berhasil menyajikan musik elektronik yang indah. Gua dengerin lagu mereka yang berjudul Ironique untuk menemani pemulisan ini.




22 komentar

  1. Biasanya orang2 kreatif akan berfikir out of the box....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kayak udah tertanam di DNA mereka gitu, yang kreatif pasti punya pemikiran out of the box hehe.

      Hapus
  2. ane selalu merasa kagum dan salut sama orang yang mampu untuk berfikir out of the box, yang idenya seolah nggak pernah mati, anti mainstream
    ane sendiri pada saat pelatihan sebenarnya cukup sering mendapatkan semacam motivasi untuk dapat menchallenge diri sendiri agar dapat selalu berfikir out of the box, kreatif, inovatif dan sejenisnya dengan harapan dapat memberikan nilai lebih dan meningkatkan service excellence dalam bekerja
    tapi koq yaa selama ini masih merasa gitu-gitu aja yaa, mungkin harus selalu dilakukan brain storming, mencari ilmu dan pencerahan dari orang-orang yang kreatif dan mampu berfikir out of the box macam bro Bayu ini :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berani anti mainstream, itulah hebatnya para pemikir out of the box ya... gua juga salut sama orang-orang yang kayak begitu. Yup, ide-idenya seolah ga pernah mati.

      Kita ga pernah tahu seberapa jauh potensi diri kita bisa dikembangin kalo ga dicoba. Mencari ilmu untuk nambah wawasan itu juga bisa dijadiin bahan pertimbangan untuk nyoba berpikir out of the box. Semakin banyak yang kita tahu, semakin banyak ide ngalir.

      Hehe, terima kasih, tapi gua sendiri masih dalam tahap belajar mengembangkan diri kok, toh kita semua menerapkan kreatifitas dengan cara masing2 :-)

      Hapus
  3. Gue sering kayaknya berpikir out of the box. Sempet dikatain aneh malahan pas ngasih tau ide itu. Hahahaha. Cuma untuk mengaplikasikannya masih jarang banget. Hehehe.

    Ya, habisnya gue suka ngelihat sesuatu hal dari sudut pandang yang berbeda. Gimana sebuah kejadian yang kelihatannya biasa aja, bisa dibikin lucu, atau bikin orang bakal bilang, "Apa banget dah nih orang, nggak jelas dah". Ya, mungkin karena orang itu keseringan melihat sesuatu yang biasa-biasa aja. Terus kalo ada sesuatu yang beda jadi bilang aneh atau nggak jelas. Wahahaha.

    Karena hobi merhatiin keadaan sekitar juga kali, ya. Entahlah. Atau emang gue orang aneh. :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Ngelihat sesuatu hal dari sudut pandang yang berbeda" itu kuncinya ya, banyak orang yg memandang sesuatu biasa-biasa aja, padahal segala sesuatu bisa dilihat dari berbagai sudut pandang.

      Ngga aneh kok, kalo Yoga mah udah ga usah diragukan lagi sisi "out of the box"-nya, tulisan-tulisan yang lo share di blog ngegambarin itu semua hehe :-)

      Hapus
  4. Biasanya yang berpikiran out of the box itu awalnya dibilang aneh, butuh mental kuat untuk menjadi seperti itu. Namun setelah karyanya itu berhasil maka orang2 akan berbalik memujinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap.

      Bisa jadi karena mindsetnya orang-orang terlalu mainstream, belom banyak yang bisa nerima perubahan, jadi ide "out of the box" dibilang aneh, padahal kan ga semua ide aneh itu aneh hehe.

      Nah, "mental kuat" harus ditambahin nih ke poin di atas, kalo mentalnya ga kuat, ide-ide kreatifnya cuma kependem.

      Hapus
  5. iyalah out of the box untuk menciptakan suatu suasana yang baru dan lebih menari jangan monoton alias ituitu saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, sesuatu yang dihasilkan dari konsep berpikir "out of the box" pasti nyiptain suasanan baru & lebih menarik.

      Hapus
  6. Saya setuju sekali dengan pendapat yang bilang bahwa jaman sekarang ini ide itu sangat mahal harganya. Tapi saya rasa nggak mudah menjadi orang yang berpikir out of the box. Sekarang saja saya masih belajar dari orang-orang yang saya anggap punya pikiran out of the box. Terkadang cara pikir mereka rada nyeleneh, jadi bener komen di atas yang bilang bahwa kita harus siap mental untuk berbeda dari orang lain...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena dari ide lahir sesuatu yang bisa diterapin untuk sebuah kepentingan, sekecil atau sebesar apapun idenya. That's why nemu ide orisinil itu susah, apalagi yang"out of the box".hehe.

      Iya, kalo liat orang yang punya pemikiran "anti mainstream" gitu gua malah cenderung kagum lho, di otaknya bisa ngerangkai sesuatu yang ga bisa diliat orang kebanyakan. Dan ya, faktor siap mental emang mesti dipertimbangin kalo mau berbeda sama orang lain.

      Hapus
  7. Berpikir kreatif dan berbeda dengan pikiran yang lain memang sangat sulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, sulit mengaplikasikannya ya, harus jeli baca situasi dan nemu celah yang orang laen ga kepikiran hehe.

      Hapus
  8. berpikir out of the box perlu pemikiran yang luas jangan sampai ide buntu ditengah jalan

    BalasHapus
  9. Hmm... out of the box, anti mainstream, berbeda, siap dipandang aneh, siap diasingkan tapi siap juga dikenang. Hehe. Memang betul, perlu keberanian buat mengimplementasikannya, Mas. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Siap dikenang" --> wah oke juga nih kalimatnya. Kalo udah punya mental siap dikenang, semestinya "mau dipandang aneh" atau "siap diasingkan" pun ga akan jadi masalah, karena hasilnya akan terasa manis hehe.

      Thanks ya :-)

      Hapus
  10. Orang yang dapat berpikir OOTB sangat diperlukan dalam dunia bisnis untuk melahirkan sebuah inovatif untuk menunjang kehidupan bisnis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, setuju. Pelaku bisnis juga berlomba-lomba nyari orang yang bisa berpikir out pf the box :)

      Hapus
  11. Thanks for this awesome webpage that you have. I like to read your post

    Rumahme.com
    The Ipeenk Creations
    Ipeenk Downloader

    BalasHapus

 

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.