Dimensi Waktu: Masa Lalu, Masa Sekarang dan Masa Depan


Image source: myflr.org

Kita hidup dalam waktu yang terus-menerus bergulir.

Detik demi detik yang kita lewati membawa kita menuju "waktu abadi" di kehidupan mendatang. Apakah kita sudah menyadarinya selama ini?

Membicarakan mengenai waktu tentu akan sangat luas pembahasannya, dan perlu pemahaman yang mendalam dari berbagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan ini. Tidak usah terlalu dipusingkan, "waktu" yang menjadi bahan tulisan kali ini difokuskan ke dalam tiga pembahasan sdrhana yang pastinya sudah sangat lekat dalam kehidupan kita: masa lalu, masa sekarang dan masa depan.

Kita dilahirkan ke dunia ini bukan tanpa alasan. Ada sebuah tujuan mulia yang diamanatkan kepada kita oleh Allah, dan dalam rangka mengemban amanat tersebut, kita diberikan waktu. Sayang, tidak ada satupun manusia yang dapat mengetahui berapa lama waktunya di dunia, entah itu satu hari, lima minggu, sepuluh bulan, enam puluh tahun atau bahkan ratusan tahun.

Tidak ada manusia yang tahu pasti berapa lama umurnya di dunia.

Coba perhatikan jam dinding sejenak (atau jam lain yang memiliki jarum jam). Benda itu menjadi contoh tiga dimensi waktu dalam satu tempat bersamaan. Saat jarum penunjuk detiknya bergerak, saat itulah kita melihat tiga dimensi waktu: masa lalu (posisi detik sebelumnya), masa kini (posisi dimana jarumnya berhenti) dan masa depan (posisi dimana jarumnya akan bergerak setelah berhenti).

Sederhana tapi bermakna. 

Saat jarum jam meninggalkan posisi sebelumnya dan bergerak maju, saat itulah kita telah kehilangan waktu "sekarang" dan segera berubah menjadi "masa lalu". Masa lalu masing-masing orang berbeda, tergantung sudah berapa lama dirinya hidup di dunia ini. Masa lalu juga bisa mengacu pada masa sebelum saat ini (ya, detik ini juga), baik dalam hitungan detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun. Jadi, seribu tahun sebelumnya bisa dibilang masa lalu, sama halnya dengan sedetik sebelumnya.

Masa lalu tidak akan bisa kembali, dengan cara apapun.

Baca juga: Andai Ada Remote Control Kehidupan

Baiklah, masa lalu biarlah berlalu, begitu yang sering kita dengar, kan? Ya, biarlah berlalu, tapi jangan lupa ambil pelajaran dari sana, dan gunakan untuk berkembang di saat ini dan masa depan. Masa sekarang adalah masa krusial, karena apa yang kita lakukan saat ini akan menentukan arah kita ke depannya. Kalau masa lalu sudah hilang dan masa depan belum terjadi, maka sudah pasti kita harus menggunakan "masa sekarang" sebaik mungkin. Gunakan dengan berbekal pengalaman masa lalu demi meraih masa depan yang lebih baik dari masa sekarang.

Ah, semoga sekelumit tulisan ini bisa dipahami. Ide ini timbul akibat sejenak melihat gerakan jarum jam. Intinya, jangan pernah menyesali masa lalu. Masih ada tugas menanti untuk membawa diri ini menjadi lebih baik di masa mendatang, yakni dengan memanfaatkan masa sekarang sebaik mungkin.

"The bad news is time flies. The good news is you're the pilot."

Kutipan di atas sangat benar.
We are the pilot of our time, our life
So... jadilah pilot yang baik. 

-Bayu-



Note: Musik elektronik bernuansa futuristik milik Moby yang berjudul "Porcelain" mengiringi penulisan artikel ini.


Image source: wikipedia.org

8 komentar

  1. Apa yang kita lakukan sekarang akan menentukan masa depan.. Iya, benar.. setuju..!! :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kuncinya ada di masa sekarang. Kalo kita bisa manfaatin masa sekarang dengan baik, insya allah masa depan juga baik :-)

      Hapus
  2. postingan yang tepat buat ane merenung nih gan :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Semoga merenung untuk perubahan yang lebih baik ya :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih ya. Semoga bisa dijadikan pencerahan hehe.

      Hapus
  4. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya, bisa membantu saat saya butuh untuk mengoleksi file :)

      Hapus

 

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.