Shuffle: Menikmati Playlist Lagu yang Diacak



Dengerin musik yang udah tahu susunan playlist-nya ternyata lama-lama ngebosenin.

Gua termasuk orang yang selalu dengerin musik setiap hari, khususnya pagi hari untuk ngebangun mood positif sebelum berangkat kerja dan pas malam hari sesudah kerja untuk ngilangin stres dan lain hal. Ga bisa dipungkiri, efeknya luar biasa lho. Apalagi kalo kita lagi stuck kehabisan ide, dengerin musik adalah salah satu cara ampuh untuk menguraikan kusutnya pikiran & memacu sel otak untuk mencari ide.

Meskipun bertahun-tahun ngumpulin lagu favorit untuk didengerin, baik itu CD fisik maupun musik digital, lucunya sampe sekarang belom semuanya gua dengerin, haha. Aneh emang, sampe kadang lupa sendiri pernah punya album A si musisi ini, album B si musisi itu. Untungnya sih ga pernah sampe double beli. Rutinitas kalo pas punya lagu baru itu adalah disimpen di laptop, terus diputer kalo pengen. Padahal yang sering diputer yang ada di mobile gadget (bukan laptop), dan playlist didominasi oleh musisi favorit, yang notabene bawaannya pengen diputer aja terus setiap saat, baik itu musisi lokal ataupun mancanegara.

Kalo udah begini, ya jadilah musik-musik yang lama terbenam, karena yang jadi primadona selalu beberapa lagu doang. Dengan sukacita biasanya gua buatin folder khusus di mobile gadget untuk beberapa single favorit, dinamain judul foldernya sesuai kebutuhan, dan terbuai dengan deretan lagu-lagu yang bermain lincah di situ. Baru gua sadar, kok lama-lama ngebosenin ya, apalagi begitu tahu abis lagu A pasti yang keputer lagu B, C, D dan seterusnya. Emang sih semuanya bagus-bagus, tapi... kayak ada yang kurang. 

Akhirnya gua coba aktifin shuffle mode, alias membiarkan software yang terbenam di mobile gadget itu yang mengambil alih kendali memutarkan musik. Wow, playlist gua pun teracak sesuai yang diatur si software. Hm, oke juga nih ternyata, gua tinggal duduk manis aja dengerin apa yang diputer, tanpa gua mau cari tahu lagu apa berikutnya yang bakal keputer. Ada sensasi tersendiri saat lagu yang diputer udah lama banget ga didengerin. Lagu lama ngebawa kenangan tersendiri, dan bikin nagih didengerin.

Mungkin ini juga yang membuat radio masih suka didengerin para penikmat musik. Selain karena radio menyajikan banyak suguhan menarik (dari segi acara, musik dan sebagainya), lagu yang diputer di radio (yang diputer random, bukan by request) itu pas didengerin membawa sensasi tersendiri. Kita ga tahu lagu apa yang bakal diputer selanjutnya sama sang DJ, dan begitu lagu yang diputer ternyata lagu favorit... beda rasanya sama muter lagu itu di playlist milik sendiri.

Apa gua doang yang ngerasa begitu? Haha. Bener lho, kalo kita dengerin musik favorit diputer di radio, tanpa niat awal dengerin itu, rasanya itu lagu jadi bagus banget. Berdasarkan itu, gua akhirnya mengisi ulang playlist di mobile gadget dengan hampir seluruh perbendaharaan musik yang gua punya dari awal ngumpulin sampe sekarang. Ga semuanya sih, karena ga muat memorinya hehe. Yang pasti, setelah gua mengaktifkan shuffle mode, bermunculanlah musik-musik yang terasa asing padahal itu udah lama gua punya. Hm... kenapa baru sekarang kepikiran begini ya?

Gua jadi inget iPod Shuffle yang dipopulerkan Steve Jobs pada tahun 2005, dimana tanpa display pada pemutar musik tersebut, konsep yang diusung adalah memainkan musik secara acak. Well done, Mr. Jobs.

Musik baru membawa semangat baru. Enjoy your day.

-Bray-



Note: Hasil shuffle playlist hari ini adalah lagu The Chemical Brothers (duo EDM mantap dari dataran Inggris), diambil dari album Come With Us, berjudul "Star Guitar", sebuah sajian manis electronica dan tech house. Lagu ini jadi pengiring saat menulis.

10 komentar

  1. assalamualaikum wr...
    hanya konfirmasi saja sob, blog udh di folloe,,salam sukses:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikum salam wr wb...
      oke sip, terima kasih banyak :-)
      salam sukses juga

      Hapus
  2. Hahaha :D emang enakan di shuffle bro :D klo yang urut gitu rasanya sampek hapal abis ini lagu apaan. Tapi sekarang keseringan gue atur playlist aja sih heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya, bener tuh... udah sampe hapal urutannya haha. Untuk saat ini gua emang lagi suka nge-shuffle playlist :-)

      Hapus
  3. Ada playlist yg isinya 1500an lagu buat di-shuffle, emang sensasi asik, dari alternative, grunge, lagu anime, britpop, k-pop, pop Sunda, pokoknya campur aduk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. You're right... sensasinya asik ya, ngerasa nemu nuansa baru, apalagi kalo genrenya beragam.

      Alternative + britpop... oke tuh genrenya, gua juga suka.

      Hapus
  4. Mendengarkan musik secara acak kalau playlistnya masih ratusan sih enak, namun kadang kalau udah sampai seribu lebih jadi ngga asik..rasanya lama banget sampai di lagu2 favorit, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... iya juga, ini karena dalam playlist semua orang pasti ada beberapa lagu yang emang dikategoriin favorit. Kalo playlist sampe seribu lebih sih ya... lama-lama tangan bakal gatel untuk mencet "next" hehe. Sampe saat ini sih gua masih menikmati playlist yang di-shuffle :-)

      Hapus
  5. Cara menikmati musik setiap orang berbeda-beda, salah satunya dengan playlist acak. Menarik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, tergantung selera, toh musik dinikmatin untuk alasan tertentu, so... bisa berbeda-beda treatment-nya :-)

      Hapus

 

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.